Cari Blog Ini

Memuat...

05 Maret 2009

JARINGAN KOMPUTER

APA ITU JARINGAN
Jaringan adalah Hubungan beberapa komputer

Macam-macam Jaringan
1. Berdasarkan fungsinya
a. Client-Server, Server berfungsi sebagai pengendali, sedangkan yang lain sebagai Client
b. Peer to peer, setiap computer bertindak sebagai Server sekaligus Client sehingga sifatnya setiap computer memiliki kedudukan setara

2. Berdasarkan Jarak Jangkauannya
a. LAN ( Local Area Network ) adalah Hubungan antar computer dalam satu area local / lingkungan relative sempit. Misalnya : Area Lab Kom. Area Kantor.
b. MAN (Metropolis Area Network ) adalah Hubungan antar computer dalam area perkotaan.
c. WAN ( Wide Area Network ) adalah Hubungan antar computer dalam satu wilayah yang luas. Misalnya : antar Pulau dalam satu Negara, antar Negara yang berdekatan.

3. Berdasarkan cara Koneksinya
a. Sistem Dial Up, Koneksinya melalui saluran telpon rumah
b. Sistem ADSL, Koneksinya dengan saluran telpon dengan frekuensi tinggi
c. Sistem GPRS, Koneksinya melalui Hand Phone yang memiliki akses GPRS ( General Pocket Radio Service )
d. Sistem wireless. Koneksi antar jaringa tanpa menggunakan kabel
e. Sistem TV Kabel

Manfaat jaringan
1. Berbagi sumber daya
2. Reliabilitas tinggi
3. Hemat
4. Sarana Komunikasi antar pengguna

TOPOLOGI JARINGAN
Beberapa macam topologi jaringan dasar dengan memperlihatkan kelebihan dan kelemahan dari setiap metode tersebut. Terdapat berbagai macam topologi jaringan, tapi ada empat macam yang sering digunakan, yaitu Bus, Ring, Star dan Tree.

Topologi Bus.
Topologi Bus biasanya menggunakan kabel coaxial sebagai backbone-nya. Hal ini menyebabkan dua titik kelemahan utama, yaitu server dan backbone.

Kelemahan dari Topologi Bus:
1. Apabila anda ingin menggunakan teknologi client-server, topologi ini sangat tidak cocok. Karena backbone dari topologi bus hanya menangani satu koneksi pada satu saat, sehingga memiliki tingkat collission (tabrakan paket) yang tinggi.
2. Karena trafik hanya berjalan pada satu kabel, maka akan sulit untuk melakukan troubleshooting apabila terjadi kerusakan jaringan.
3. Sangat rentan terhadap eavesdropping.

Kelebihan dari Topologi Bus:
- Cepat mengkonfigurasinya
- Murah
- Efektif untuk jaringan kecil, misal warnet

Topologi Ring
Seperti Topologi Bus, Topologi Ring juga memiliki dua titik utama kelemahan, yaitu server dan kabel.

Kegagalan pada satu workstation dapat menyebabkan kegagalan secara keseluruhan, berbeda dengan Bus. Pada Ring Topologi, workstation digunakan sebagai repeater.
Seperti yang terlihat, Ring Topologi memiliki beberapa kelemahan diantaranya DoS attack yang mudah dengan menjatuhkan salah satu workstation, dan karena arah dari paket yang lewat adalah satu arah maka akan rentan terhadap eavesdropping.

Topologi Star
Pada Star Topologi seluruh workstation pada segmen tertentu terkoneksi pada satu komponen hardware, seperti sebuah hub atau sebuah switch. Ini menyebabkan Star Topologi memiliki satu titik kelemahan utama, yaitu hub atau switch tersebut.

Kelebihan dari Star Topologi :
- Dengan Star Topologi, akan secara mudah untuk mengetahui kegagalan yang terjadi pada jaringan.
- Kegagalan pada satu workstation tidak akan menyebabkan kegagalan pada jaringan secara umum.
- Administrator dapat meningkatkan keamanan dengan melakukan segmentasi pada jaringan dan melindungi jaringan yang menghubungkan antar workstation tersebut dengan enkripsi, untuk melindungi dari eavesdropping.

Kelemahan dari Star Topologi :
- Memiliki satu titik kelemahan utama yang sangat kritis, yaitu hub atau switch. Apabila titik ini diserang, maka jaringan akan jatuh.
- Apabila menggunakan run-of-the-mill hubsdibandung switch, maka jaringan dapat menjadi lambat, karena kelebihan beban, hal ini disebabkan semua transmisi harus melewati satu titik temu utama, yaitu hub atau switch.

Tidak ada komentar: